Selasa, 15 Desember 2009


MOBILITAS SOSIAL MIROSLAV KLOSE

Lahir di Opole, Polandia pada 1978, Klose memang punya darah olahraga dari keluarganya. Ibunya adalah anggota timnas bola tangan Polandia, sedangkan ayahnya pemain sepakbola profesional.

Pada 1981, keluarga Klose menghindari komunis di Polandia. Mereka pindah ke Perancis, kemudian ke Jerman. Di negeri ini, bakat Klose sebagai pemain bola berkembang pesat. Dia memulai debut profesionalnya bersama Kaiserslautern pada 2001. Pada 2004 dia pindah ke Werder Bremen dan menjadi bagian penting klub tersebut. Begitu juga ketika dia dibeli Bayern Muenchen awl musim lalu, dia menjadi andalan klub itu.

Sebelum bergabung dengan Kaiserslautern,Miro(panggilan akrabnya) menjalani preofesi sebagai tukang kayu untuk bertahan hidup.KemudianMiro mendapat banyak penghargaaan seperti Pemain terbaik Jerman 2006.


Mobilitas Yang terjadi dalm riwayat hidup Miroslav Klose antara lain:

1.Mobilitas Sosial Geografis
Miro lahir di Opolen,Polandia dan mengalami banyak perpindahan Geografis ke negara lain seperti Prancis dan akhirnya mendapat kewarganegaraan Jerman.

2.Mobilitas Sosial Vertikal Naik
Dalam kariernya Miro yang mengawali kariernya menjadi tukang kayu terjadi perpindahan vertikal naik /sicial climbing dan akhirnya terjadi peningkatan derajat dan statusnya.

3.Mobilitas Antar Generasi Horisontal
Karier Klose sekarang bila dibandingkan dengan orang tuanya sama saja/tidak terjadi peningkatan karena kedua orang tuany sama-sama menjadi atlet.

1 komentar: